Iwan Bule: Pencak Silat Berperan Besar Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Senin, 12 September 2022 – 21:16 WIB
Iwan Bule: Pencak Silat Berperan Besar Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia - JPNN.com Jabar
Iwan Bule saat menghadiri penutupan Kejurnas Tadjimalela Cup 2022, di Gor Pajajaran, di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (11/9). Foto: Source for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Tokoh Jawa Barat Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menilai pencak silat adalah warisan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Iwan, seusai menghadiri penutupan Kejurnas Tadjimalela Cup 2022, di Gor Pajajaran, di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (11/9).

"Pencak silat ini adalah warisan budaya tak benda. Bahkan bela diri pencak silat yang terdiri dari berbagai jenis ini adalah daya tarik tersendiri bagi kekayaan budaya Nusantara," kata Iwan Bule dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (9/12).

Iwan menuturkan, seni bela diri pencak silat juga turut andil dalam memerdekakan Indonesia.

Pasalnya, lanjut Iwan, banyak pahlawan nasional yang mengusai ilmu seni bela diri pencak silat.

"Misalnya Prabu Siliwangi, Pangeran Diponegoro, Sultan Agung dan berbagai pahlawan lainnya, adalah mereka yang mahir pencak silat. Jadi selain sebagai warisan budaya, pencak silat juga adalah salah satu dari banyak faktor perjuangan Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan," katanya.

Selain itu, Iwan Bule pun memberi contoh bahwa sebelumnya atlet Nasional Hanifan Yudani pernah membuat warga Indonesia terharu hingga meneteskan air mata.

Kejadian itu adalah saat Hanif menyabet medali emas dalam Asian Games 2018.

Tokoh Jawa Barat Iwan Bule menilai seni bela diri pencak silat merupakan jati diri bangsa dan memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News