Begini Cara Pemkot Bogor Kendalikan Harga Pangan Pascakenaikan BBM

Selasa, 06 September 2022 – 12:35 WIB
Begini Cara Pemkot Bogor Kendalikan Harga Pangan Pascakenaikan BBM - JPNN.com Jabar
Pemkot Bogor siap mengantisipasi kenaikan harga sejumlah bahan pokok pascakenaikan harga bbm. Ilustrasi pasar: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor siap mengendalikan harga pangan melalui kerja sama dengan berbagai pihak dalam menghadapi potensi inflasi, atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum imbas dari kenaikan harga BBM.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan akan menyosialisasikan alasan penyesuaian harga BBM dan upaya untuk menstabilkan harga-harga pangan.

"Kami juga akan melakukan konsolidasi untuk selalu memonitor stabilitas harga bahan pokok di Kota Bogor. Kalau ada kenaikan harga bahan pokok akan dilakukan langkah-langkah cepat," kata Bima, Selasa (6/9).

Bima menyampaikan selain memonitor harga pangan, Pemkot Bogor juga akan mengintensifkan gerakan pangan, yakni keamanan dan ketahanan pangan seperti menanam komoditas yang bisa menstabilkan harga atau mengurangi inflasi.

"Di beberapa daerah inflasi naik tinggi karena beberapa komoditas naik tidak terkontrol seperti cabai. Di Kota Bogor kami akan memonitor itu secara bersama-sama, melakukan langkah-langkah proaktif untuk mendorong kegiatan ketahanan pangan sembari kemudian memastikan bahwa harga itu stabil semua," jelasnya.

Selain itu, Pemkot Bogor juga siap menjalankan instruksi Mendagri terkait alokasi dana di daerah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM.

Pertama, untuk dana BTT Pemkot Bogor belum menentukan jumlah anggaran dan siapa yang dapat menerima.

Kedua, dana dari DAU telah ditetapkan Rp4,6 miliar dari sisa tiga bulan berjalan diperuntukkan bagi sopir angkutan umum kota (angkot), ojek online dan UMKM.

Pemerintah Kota Bogor siap mengendalikan harga pangan di pasaran pascakenaikan harga BBM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News