Anggaran Rp4,6 Miliar Digelontorkan Pemkot Bogor Untuk Bansos Kenaikan Harga BBM

Senin, 05 September 2022 – 22:22 WIB
Anggaran Rp4,6 Miliar Digelontorkan Pemkot Bogor Untuk Bansos Kenaikan Harga BBM - JPNN.com Jabar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor mengalokasikan Rp4,6 miliar dari dana alokasi umum (DAU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan kebijakan itu diambil pihaknya berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada pemerintah daerah, ihwal dua sumber dana yang bisa digunakan untuk meringankan beban masyarakat atas penyesuaian harga BBM.

"Yang diperintahkan oleh pak Mendagri ke pemda, pertama alokasi BTT bisa digunakan juga untuk memberikan bansos, itu akan kami rumuskan nanti berapa jumlahnya dan targetnya ke mana. Kedua ada kewajiban bagi pemda untuk mengalokasikan 2 persen dari DAU," kata Bima, Senin (5/9).

Bima menerangkan untuk dana BTT Pemkot Bogor belum menentukan jumlah anggaran dan siapa yang dapat menerima, sementara dana dari DAU telah ditetapkan Rp4,6 miliar dari sisa tiga bulan berjalan yang diperuntukkan bagi sopir angkutan umum kota (angkot), ojek online dan UMKM.

Mengenai mekanisme penyaluran bansos tersebut, kata Bima, Pemerintah Kota Bogor masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

Pemerintah daerah diminta menggunakan dua persen dari dana transfer umum, yaitu Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil, senilai Rp2,17 triliun.

Bantuan tersebut untuk membantu sektor transportasi, seperti angkutan umum, ojek, nelayan, dan bantuan tambahan perlindungan sosial. (antara/jpnn)

Pemkot Bogor mengalokasikan Rp4,6 miliar dari dana alokasi umum (DAU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News