Cegah Kebakaran Susulan di Kawasan Gunung Ciremai, BTNGC Perketat Patroli

Minggu, 04 September 2022 – 20:40 WIB
Cegah Kebakaran Susulan di Kawasan Gunung Ciremai, BTNGC Perketat Patroli - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kebakaran. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KUNINGAN - Badan Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, memperketat patroli untuk mengantisipasi kebakaran kembali di kawasan Gunung Ciremai.

Sekadar diketahui, pada Kamis (1/9) sekitar 7,25 hektare lahan di kawasan Gunung Ciremai terbakar.

"Kami berharap kejadian kebakaran hutan dan lahan ini adalah yang pertama dan terakhir. Upaya patroli pengamanan akan diperketat sebagai langkah antisipasi," kata Kepala BNTGC, Teguh Setiawan, Minggu (4/9).

Dia mengatakan pada Kamis (1/9), sekitar jam 19.00 WIB, kawasan hutan dan lahan di Blok Pejaten Kabupaten Kuningan terbakar.

Kejadian itu, kata dia, membuat lahan seluas kurang lebih 7,25 hektare hangus terbakar, meskipun kebakaran yang terjadi hanya melanda semak belukar.

Namun, berkat kesigapan petugas serta masyarakat setempat, kebakaran tersebut bisa teratasi dengan cepat dan tepat.

"Alhamdulillah, api terkendali mulai pukul 21.00 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 21.30 WIB. Kunci dari keberhasilannya terletak pada cepatnya sistem informasi kejadian yang dapat direspons segera oleh semua pihak yang memadamkan," tuturnya.

Dia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi. Pihaknya akan memperketat patroli di kawasan yang sering terjadi kebakaran.

Badan Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan, memperketat patroli untuk mengantisipasi kebakaran kembali di kawasan Gunung Ciremai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News