Innalillahi! Lahan HGU PTPN di Nyalindung Sukabumi Terbakar

Senin, 16 September 2024 – 07:00 WIB
Innalillahi! Lahan HGU PTPN di Nyalindung Sukabumi Terbakar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kebakaran lahan. Foto: ANTARA/Rony Muharrman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Kebakaran melanda lahan hak guna usaha (HGU) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional II yang berada di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (16/9) malam.

"Luas lahan yang terbakar sekitar 10 are, tetapi sekitar pukul 20:00 WIB sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan yang dibantu masyarakat sekitar," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim.

Menurut Medi, belum diketahui pemicu terjadinya kebakaran lahan PTPN yang berada di Kampung Puncakpaku, Desa Cijangkar. Api mulai terlihat dari permukiman warga sekitar pukul 18:00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nyalindung yang berkoordinasi dengan petugas Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

Petugas gabungan yang dibantu masyarakat sekitar bergotong royong untuk memadamkan api yang terus membesar, tetapi berkat kerja sama api berhasil dipadamkan sekitar dua jam kemudian.

Kebakaran lahan PTPN ini sempat membuat panik warga karena jaraknya yang berdekatan dengan permukiman warga Kampung Cibuluh, RT 12/06, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung.

Untuk kerugian masih dalam penghitungan, tetapi musibah ini tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Di sisi lain, kemarau yang menyebabkan kondisi lahan menjadi kering dan panas rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran melanda lahan hak guna usaha (HGU) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional II yang berada di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News