Pemkot Cirebon Siap Ternak Sapi Belgian Blue Demi Meningkatkan Produksi Daging

Selasa, 30 Agustus 2022 – 21:15 WIB
Pemkot Cirebon Siap Ternak Sapi Belgian Blue Demi Meningkatkan Produksi Daging - JPNN.com Jabar
Anakan sapi Belgian Blue yang lahir di Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas)

jabar.jpnn.com, CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi daging sapi di wilayahnya.

Hal itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan daging untuk kecukupan konsumsi masyarakat di Kota Cirebon.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, yaitu dengan mengembangkan sapi jenis Belgian Blue.

"Sapi Belgian Blue merupakan salah satu sapi terbaik di Eropa dari bangsa Boss Taurus dan di Kota Cirebon sudah ada dua kelahiran sapi jenis ini," kata Kepala DKPPP Kota Cirebon Yati Rohayati, Selasa (30/8).

Menurutnya, sapi Belgian Blue dikembangkan Kementan RI pada 2016 di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua ekor yang baru lahir di Kota Cirebon, merupakan hasil inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik.

Dia mengatakan, jenis sapi potong dari Belgia dinilai dapat meningkatkan produksi daging sapi di Indonesia melalui peningkatan mutu genetik ternak.

Keberhasilan kelahiran dua ekor sapi Belgian Blue tersebut, lanjut Yati, mendorong Inseminator dan Pengawas Bibit Ternak DKPPP Kota Cirebon untuk mengembangkan kembali inseminasi buatan atau kawin suntik dengan bibit Belgian Blue.

"Kelahiran sapi Belgian Blue di Kota Cirebon sendiri diawali pembelian straw atau sperma bibit beku oleh kami," ujarnya.

Pemerintah Kota Cirebon melakukan pengembangan sapi jenis belgian blue demi memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News