3 Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Senin, 08 Agustus 2022 – 09:00 WIB
3 Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi sayuran. Foto: Humas Kementan

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kolesterol sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Namun, kolesterol yang berlebih justru mendatangkan hal yang tidak baik untuk kesehatan.

Kolesterol tinggi bisa terjadi akibat Anda terlalu stres, mengonsumsi makanan kaya lemak, dan lainnya.

Selain dengan obat penurun kolesterol, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan berikut untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Ikan kaya asam lemak omega-3

Berbagai ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan kembung, tongkol, dan tuna, juga merupakan makanan sehat penurun kolesterol.

Meski tidak berpengaruh langsung terhadap kolesterol jahat, mengonsumsi beragam ikan untuk penderita kolestrol tersebut bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, katuk, dan kangkung dipercaya melindungi pembuluh darah dari plak akibat tumpukan kolesterol.

Anda disarankan makan sayuran setiap hari. Selain sebagai pendamping makanan penurun kolesterol setelah makan daging, kamu bisa mengolahnya jadi jus atau smoothies.

3. Oatmeal

Mengonsumsi 5–10 gram serat larut per hari bisa menurunkan kolesterol LDL.

Tiga makanan sehat ini ampun menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan kaya asam lemak omega-3 dan sayuran hijau.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News