Harga Rajungan Merosot Tajam Nelayan di Karawang Uring-uringan

Selasa, 26 Juli 2022 – 19:21 WIB
Harga Rajungan Merosot Tajam Nelayan di Karawang Uring-uringan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi rajungan. (ANTARA/Dok)

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Harga rajungan di Kabupaten Karawang merosot tajam menjadi Rp 40 ribu per kilogram dari yang semula Rp 100 ribu per kilogram.

"Saat ini harga per kilogram rajungan di pasaran hanya Rp 40 ribu, dari yang semula bisa mencapai Rp 100 ribu lebih per kilogramnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Karawang Abu Bukhari, Selasa (26/7).

Bukhari mengatakan penurunan harga rajungan tidak hanya terjadi di Karawang, tetapi terjadi juga di sejumlah daerah lainnya.

Menurut dia, ekspor rajungan yang terhambat telah membuat harga komoditas rajungan anjlok di pasaran lokal.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab ekspor rajungan yang kini mengalami kendala, tetapi yang pasti, hal itu membuat kondisi nelayan rajungan menjadi sulit.

“Kalau dikembalikan pada harga normal kebutuhan lokal, ya normalnya harga rajungan itu memang Rp40 ribu kalau kebutuhan lokal. Harganya bisa tinggi karena ada permintaan dari luar," katanya. 

Dia menegaskan Dinas Perikanan Karawang tidak bisa mengontrol mekanisme pasar. 

Menurut dia, proses ekspor itu dilakukan melalui pengepul atau agen yang diteruskan ke pabrik.

Harga rajungan di Kabupaten Karawang merosot tajam, dari yang semula Rp 100 lebih per kilogram, kini hanya Rp 40 ribu per kilogram.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News