Disdik Jabar Buka Peluang Lulusan SMK Bekerja di Negeri Sakura

Selasa, 26 Juli 2022 – 16:18 WIB
Disdik Jabar Buka Peluang Lulusan SMK Bekerja di Negeri Sakura - JPNN.com Jabar
Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi. Foto: Nur Fidhiah Sabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat bakal mengirimkan luluskan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk magang dan bekerja di Negeri Sakura, Jepang.

Penambahan mata pelajaran bahasa Jepang pun akan diberikan untuk pembekalan di beberapa SMK Jabar.

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi menuturkan, pihaknya telah bertemu langsung dengan sejumlah perwakilan perusahaan asal Jepang.

Menurutnya, sejumlah perusahaan di Jepang membutuhkan tenaga kerja di berbagai sektor.

Sedikitnya, ada 14 sektor yang bisa diisi oleh lulusan SMK Jabar.

“Mereka banyak membutuhkan tenaga kerja, saya lihat ada 14 sektor tenaga kerja yang dibutuhkan termasuk sektor tenaga untuk di bandara, perusahaan makanan rumahan, layanan sosial, kesehatan, dan banyak lagi termasuk pertanian dan pelayaran,” kata Dedi ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (26/7).

Meserpons hal itu, Dedi menyebut, pihaknya langsung melakukan pemetaan untuk SMK yang bisa memenuhi keinginan daripada perusahaan di Jepang.

Adapun kurikulum yang diterapkan di SMK sendiri sudah berdasarkan kebutuhan industri.

Disdik Jabar buka kesempatan lulusan SMK bisa bekerja di Jepang melalui kerjasama Pemprov Jabar dengan Pemerintah Shizouka Jepang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News