Anda Wajib Tahu, Begini Ciri-ciri Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Rabu, 15 Juni 2022 – 16:05 WIB
Anda Wajib Tahu, Begini Ciri-ciri Gejala Omicron BA.4 dan BA.5 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok meminta masyarakat untuk mengenali gejala kasus Covid-19 subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengungkapkan, subvarian baru tersebut masih memiliki karakteristik dasar yang mirip dengan varian Omicron.

"Subvarian BA.4 dan BA.5 sangat mudah menular, serta dapat menginfeksi ulang penyitas Covid-19," ucap Mary, Rabu (15/6).

Tidak hanya itu, dia juga mengungkapkan bahwa gejala yang dirasakan oleh pasien Covid-19 varian baru ini serupa dengan Omicron dengan masa inkubasi dua hingga tiga hari.

“Gejala yang dirasakan itu lebih ringan dari varian lainnya seperti alpha dan delta sebelumnya,” terangnya.

Dia mengatakan pada subvarian ini penderita ada yang merasakan gejala dan ada pula yang tidak merasakan gejala.

“Untuk gejala yang timbul pada subvarian baru BA.4 dan BA.5 ini seperti flu, bersin, sakit tenggorokan, batuk, serta sakit kepala,” terangnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 subvarian tersebut, dia menerangkan bahwa vaksin booster dinilai efektif dalam mencegah gejala berat dan kematian.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati meminta kepada masyarakat agar mengenali tanda dan gejala Covid-19 subvarian baru dan melengkapi vaksinasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News