Rp120 Miliar Siap Digelontorkan Pemkab Bekasi Demi Melanjutkan Pembangunan Jembatan Pantai Bakti Muaragembong

Jumat, 23 Februari 2024 – 07:00 WIB
Rp120 Miliar Siap Digelontorkan Pemkab Bekasi Demi Melanjutkan Pembangunan Jembatan Pantai Bakti Muaragembong - JPNN.com Jabar
Jembatan Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupatan Bekasi, Jawa Barat, yang pembangunannya terhenti enam tahun. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melanjutkan pembangunan Jembatan Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, setelah terhenti hampir enam tahun guna mewujudkan pemerataan dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan kegiatan pembangunan jembatan dilanjutkan tahun ini mengingat peran penting akses infrastruktur tersebut bagi masyarakat.

"Tahun ini, kami lanjutkan karena kondisinya memang begitu dibutuhkan masyarakat. Nilai pekerjaan sebesar Rp120 miliar untuk lanjutan pembangunan jembatan berikut jalan pendekat," katanya.

Dia mengatakan pemerintah daerah sudah mengajukan permohonan rekomendasi teknis pembangunan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Kementerian PUPR dan tinggal menunggu hasil sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya.

"Kemarin, kami juga sudah sidang dan sudah kunjungan lapangan. Mudah-mudah dalam beberapa hari ke depan sudah keluar rekomendasi teknisnya, sehingga bisa langsung kita percepat ke tahap pengadaan barang dan jasa," katanya.

Henri mengaku pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Pantai Bakti dan Desa Pantai Mekar ini sudah pernah dilakukan, tetapi baru terbangun separuh sehingga dikenal dengan nama "jembatan buntung".

"Pekerjaan tahap pertama jembatan dengan panjang 120 meter ini menelan biaya Rp16 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2017," ucapnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan tidak ada masalah dari terhentinya proses pembangunan berdasarkan laporan yang diterima.

Pemkab Bekasi melanjutkan pembangunan Jembatan Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, setelah terhenti hampir enam tahun.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News