4 Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Pasti Senang

Rabu, 15 Juni 2022 – 08:00 WIB
4 Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Pasti Senang - JPNN.com Jabar
Lengkuas. Foto: Daleys Fruit Tree Nursery

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Selain dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang membuat aroma masakan semakin sedap, lengkuas juga berkhasiat bisa mengatasi beberapa penyakit.

Lengkuas mengandung berbagai gizi dan nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, protein dan lainnya. Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.

https://pharmeasy.in/blog/ayurveda-uses-benefits-side-effects-of-galangal/?fbclid=IwAR1PHtaCnsrLMm_4DXuy_6_nPdWVMLiJi1breAEeEMq562cQrroeR2j1Rps.

1. Infeksi bakteri

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak lengkuas sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan berbagai mikroba seperti S. pyogenes, K. pneumoniae, S. aureus, P. aeruginosa dan E. coli.

Minyak yang diekstraksi dari akar lengkuas menghambat pertumbuhan banyak bakteri seperti P. multocida, P. aeruginosa, E. rhusiopathiae, S. suis, E. coli, A. pyogenes dan S. aureus.

Aktivitas anti bakteri pada akar lengkuas bisa merusak membran sel bakteri dan menyebabkan penggumpalan cairan di dalam sel bakteri.

2. Infeksi jamur

Tindakan antijamur lengkuas sangat signifikan. Banyak penelitian melaporkan bahwa lengkuas bisa menjadi alternatif obat antijamur konvensional.

Ekstrak alkoholnya juga menunjukkan penghambatan pertumbuhan jamur seperti C. albicans dan T. longifusus.

Empat khasiat lengkuas untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa mengatasi diabetes. Begini penjelasan lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News