Waspada! Ini 5 Efek Samping Mengonsumsi Buah Naga Berlebihan

Rabu, 18 Mei 2022 – 07:00 WIB
Waspada! Ini 5 Efek Samping Mengonsumsi Buah Naga Berlebihan - JPNN.com Jabar
Buah Naga. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. Tak heran jika buah naga menjadi salah satu buah favorit di kalangan masyarakat.

Buah naga ada yang memiliki daging berwarna merah muda dan ada juga yang berwarna putih.

Umumnya, dalam 100 gram buah naga memiliki kandungan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, zat besi, protein.

Meski demikian, makan buah naga secara berlebihan nyatanya bisa menimbulkan risiko kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Reaksi alergi

Walaupun makan buah naga menyehatkan tubuh, sejumlah hasil penelitian melaporkan bahwa efek samping buah yang satu ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang sesaat setelah mengonsumsinya.

Reaksi alergi yang mungkin muncul, antara lain bibir atau lidah membengkak, rasa kesemutan atau gatal di mulut, kulit gatal, meradang, ruam, biduran, hingga mual dan muntah.

Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi ini, sebaiknya hentikan konsumsi buah naga.

2. Gangguan pencernaan

Bahaya buah naga apabila dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa membuat nutrisi lain yang Anda konsumsi, tidak terserap dengan baik saat melewati usus.

Lima efek samping mengonsumsi buah naga berlebihan, di antaranya dapat menimbulkan reaksi alergi hingga gangguan pencernaan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News