Polisi Siapkan Skema Khusus Urai Kepadatan Kendaraan di Jalur Non Tol

Rabu, 27 April 2022 – 16:00 WIB
Polisi Siapkan Skema Khusus Urai Kepadatan Kendaraan di Jalur Non Tol - JPNN.com Jabar
Polisi menyiapkan sejumlah cara bertindak dalam mengurai kepadatan atau kemacetan lalu lintas akibat one way dan ganjil genap di jalan tol saat mudik lebaran. Ilustrasi Foto Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Guna mengurangi kepadatan saat arus mudik Lebaran 2022 di jalur tol, Pemerintah akan memberlakukan one way dan ganjil genap.

Imbasnya, diprediksi akan banyak kendaraan menumpuk di jalur arteri atau non tol dari Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju Jakarta.

Menyikapi kemungkinan terjadinya kepadatan di jalur arteri, polisi sudah menyiapkan cara bertindak untuk mengantisipasi adanya kepadatan itu.

Cara bertindak yang dimaksud adalah dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas hingga buka tutup jalan.

“Ada beberapa skema yang telah dipersiapkan, seperti buka tutup, pengalihan arus, penerapan one way, personel gatur pada jalan-jalan yang rawan kemacetan,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo dikonfirmasi, Rabu (27/4).

Menurut Ibrahim, penerapan cara bertindak akan dilakukan secara situasional. Artinya, penerpan akan dilakukan bergantung pada kondisi lalu lintas.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemantauan yang sudah dilakukan Kapolda Jabar Irjen Suntana dan pejabat utama lainnya, ruas jalan non tol dipastikan layak untuk dilalui kendaraan.

“Survey lokasi banyak dilakukan, baik oleh Pak Kapolda, Pak Wakapolda, Dirlantas dan PJU lainnya. Hasil pengamatan pada umumnya kondisi laik untuk digunakan dan dilintasi pemudik,” ujarnya. (mcr27/jpnn)

Polisi menyiapkan sejumlah cara bertindak dalam mengurai kepadatan atau kemacetan lalu lintas akibat one way dan ganjil genap di jalan tol saat mudik lebaran.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News