Berkat Samsore, Bapenda Jabar Capai Target Pendapatan Pajak Kendaraan di Triwulan I

Selasa, 19 April 2022 – 21:09 WIB
Berkat Samsore, Bapenda Jabar Capai Target Pendapatan Pajak Kendaraan di Triwulan I - JPNN.com Jabar
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik dalam peresmian layanan Samsat Sote atau Samsore di Kabupaten Bandung. (Foto: Dokumentasi Bapenda Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat berhasil merealisasikan target triwulan pertama di tahun 2022.

Kendati masyarakat tengah menjalani ibadah puasa, Bapenda Jabar tidak mau kehilangan momentum tren positif dan terus mengajak masyarakat untuk tidak lupa membayar pajak kendaraan melalui layanan Samsore atau Samsat Sore.

Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik menuturkan, kondisi pandemi yang sudah terkendali menjadi faktor penting semua upaya dalam meningkatkan pendapatan pajak, bisa berjalan maksimal.

Meski begitu, Dia tetap mengingatkan untuk antisipasi terjadinya penurunan. Pasalnya, berkaca dari ramadan tahun sebelumnya, pendapatan daerah cenderung menurun.

Diketahui, target pendapatan dari Pajak Daerah tahun 2022 Ro 19,75 triliun. Dari angka itu, target di sektor pajak kendaraan bermotor sebesar (PKB) sebesar Rp 8,44 triliun, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp 5,40 triliun, dan PBBKB Rp 2,49 triliun.

“target pendapatan tercapai di triwulan I. Tidak boleh lengah mencapai tahapan di triwulan II. Kami harus terus meningkar, sehingga cara di lapangan harus banyak,” ucapnya.

“Puasa masuk ke triwulan II, jangan turun. Hari ke hari enggak boleh kendor. Target bisa terlampaui kalau tidak kendor. Nanti berikutnya kami pikirkan kolaborasi atau inovasinya seperti apa. Pak Gubernur juga terus mengingatkan untuk terus berinovasi,” sambung Dedi.

Menurutnya, inovasi layanan yang berjalan pada bulan ramadan adalah samsat sore. Wajib pajak bisa membayar pajak pada sore hari, termasuk di akhir pekan di tempat publik.

Di triwulan I, Bapenda Jabar berhasil meraih capaian target pembayaran pajak kendaraan melalui inovasi layanan samsore.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News