PT INTI Garap Mega Proyek Kominfo, Targetkan Pemantau Radio di 500 Titik

Rabu, 16 Oktober 2024 – 17:00 WIB
PT INTI Garap Mega Proyek Kominfo, Targetkan Pemantau Radio di 500 Titik - JPNN.com Jabar
PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) bersama anak perusahaan PT INTI Konten Indonesia (INTENS) tengah menggarap mega proyek Pembangunan Stasiun Monitoring Frekuensi Radio Transportable milik Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kominfo). Foto: doc. PT INTI

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) bersama anak perusahaan PT INTI Konten Indonesia (INTENS) tengah menggarap mega proyek Pembangunan Stasiun Monitoring Frekuensi Radio Transportable milik Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kominfo).

Targetnya, perangkat sistem pemantau penggunaan dan okupnasi frekuensi radio bernama INTI MONFT400 ini akan diimplementasikan di 500 lokasi di seluruh Indonesia di tahun 2029.

“Hal ini menjadi tonggak penting dalam upaya INTI Group untuk berkontribusi pada pengembangan infrastruktur telekomunikasi nasional. Dengan tingkat TKDN yang tinggi, produk ini tidak hanya memperkuat posisi Indonesia dalam rantai pasok global, tetapi juga mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi,” kata Direktur PT INTENS Rizqi Ayunda Pratama, dalam keterangannya, Rabu (16/10).

Pada tahap perdana proyeki ini, Kominfo telah melakukan pembelian delapan unit Sistem Monitoring Frekuensi Radio (SMFR) Portable dan tiga unit Argus Software melalui e-Katalog tertanggal 25 September 2024.

Pembelian unit tersebut untuk diimplementasikan pada proyek pembangunan stasiun radio transportable di beberapa lokasi, seperti di Denpasar, Aceh, dan Palu.

“Pilot project ini akan menjadi awal yang baik bagi INTI Group untuk terlibat secara langsung dalam national supply chain. Kami optimistis dapat mendukung target Kominfo untuk mengimplementasikan SMFR Transportable dengan potensi 500 area di Indonesia untuk dimonitor,” tuturnya.

Adapun INTI MONFT400 adalah sebuah perangkat sistem yang digunakan untuk memantau frekuensi radio, serta menentukan arah atau lokasi dari sinyal pemancar radio.

Perangkat ini dirancang untuk memantau penggunaan dan okupansi spektrum frekuensi radio (RF), sekaligus dapat digunakan untuk melacak dan menganalisis berbagai jenis transmisi radio serta membantu memastikan penggunaan gelombang radio yang efisien dan aman.

PT INTI engah menggarap mega proyek Pembangunan Stasiun Monitoring Frekuensi Radio Transportable milik Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kominfo).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News