Hari Kopi Sedunia: Kisah Jatuh Bangun Fugol Coffee Roasters di Dunia Kopi Tanah Air

Selasa, 01 Oktober 2024 – 13:30 WIB
Hari Kopi Sedunia: Kisah Jatuh Bangun Fugol Coffee Roasters di Dunia Kopi Tanah Air - JPNN.com Jabar
Tokopedia dan ShopTokopedia secara konsisten memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, termasuk di kategori makanan dan minuman. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Tokopedia dan ShopTokopedia secara konsisten memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, termasuk di kategori makanan dan minuman, menjadi raja di negeri sendiri, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760 ribu ton.

Selain itu, 10 provinsi penghasil kopi terbesar menurut data BPS meliputi Sumatra Selatan, Lampung, Sumatra Utara, Aceh, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatra Barat.

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan dalam menyambut Hari Kopi Sedunia 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual kopi.

“Ini dilakukan untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi melalui berbagai inisiatif seperti Tokopedia NYAM! dan Tokopedia Coffee Fest,” ucapnya.

“Kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga terus menggencarkan program 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi petani kopi lokal agar bisa semakin berdaya saing dengan meningkatkan kualitas biji kopi.

“Sejauh ini, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberi pelatihan bagi lebih dari 1.000 petani kopi dari Lahat, Sumatra Selatan, dan akan terus merambah ke kota lain,” terangnya.

Kisah Jhon Richard Christhoper dalam mendirikan Fugol Coffee Roasters hingga memenangkan posisi ke-5 World Brewers Cup 2022
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News