Pemkot Bogor Uji Kelaikan Perlintasan Tidak Sebidang Bogor-Sukabumi

Selasa, 01 Oktober 2024 – 12:00 WIB
Pemkot Bogor Uji Kelaikan Perlintasan Tidak Sebidang Bogor-Sukabumi - JPNN.com Jabar
Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari saat meninjau progres pembangunan underpass, perlintasan tidak sebidang lintas Bogor - Sukabumi di Stasiun Batutulis. Foto: Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari melakukan inspeksi progres pembangunan underpass, perlintasan tidak sebidang lintas Bogor - Sukabumi di Stasiun Batutulis, Jalan Saleh Danasasmita, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Proyek tersebut masuk dalam paket pekerjaan Pembangunan Perlintasan Tidak Sebidang JPL.10 dan Penataan Stasiun Batutulis Lintas Bogor-Sukabumi, program dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP Bandung) wilayah Bogor - Sukabumi.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Polresta Bogor Kota sedang melaksanakan uji kelaikan jalan.

Hery Antasari mengatakan sebelum Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dikeluarkan, nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu.

Secara umum, pihaknya mengapresiasi pembangunan underpass di Batutulis untuk menghilangkan perlintasan sebidang antara lintasan kereta api dan jalan raya.

Namun, ada beberapa hal yang terindikasi akan menjadi catatan yang perlu disampaikan rekomendasinya kepada satuan kerja pembangunan underpass ini.

"Karena bagaimanapun juga setelah ini berfungsi, tentu ini menjadi tanggung jawab daerah. Dan nanti akan menjadi jalan daerah karena masuk jalan kota. Sehingga, tanggung jawabnya akan ada di Pemkot bersama-sama dengan pihak kepolisian," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Pj Wali Kota Bogor, Pemkot bersama kepolisian betul-betul mencermati alur perlintasan yang akan dilalui kendaraan, tidak hanya kendaraan kecil, namun juga kendaraan besar.

Sehingga, dalam pelaksanaan uji kelaikan ini juga dilakukan dengan menggunakan dua bus berukuran besar.

Pemkot Bogor melakukan inspeksi progres pembangunan underpass, perlintasan tidak sebidang lintas Bogor - Sukabumi di Stasiun Batutulis Kota Bogor
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News