Melalui Sekolah Budaya, BPK Wilayah IX Jabar Tingkatkan Rasa Nasionalisme di Kalangan Pelajar

Jumat, 26 Juli 2024 – 08:46 WIB
Melalui Sekolah Budaya, BPK Wilayah IX Jabar Tingkatkan Rasa Nasionalisme di Kalangan Pelajar - JPNN.com Jabar
Melalui Sekolah Budaya, BPK Wilayah IX Jabar Tingkatkan Rasa Nasionalisme di Kalangan Pelajar. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Jawa Barat terus melakukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan internalisasi dan aktualisasi warisan budaya di wilayahnya. Salah satunya dengan menggelar sekolah budaya bertajuk 'Kenali Budayamu Cintai Negerimu'selama tiga hari sejak 23 hingga 25 Juli 2024.

Kegiatan itu pun digelar di tiga lokasi yaitu Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Sribaduga, serta Pesantren Budaya Giriharja di Jelekong.

Sebanyak 117 siswa dari 35 SMA/sederajat se-Jawa Barat turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

PLt Kepala BPK Wilayah IX Jawa Barat Lita Rahmiati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan pemahaman generasi muda tentang keanekaragaman budaya bangsa.

Disamping itu, kegiatan itu juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta budaya Indonesia, sebagai penguatan jati diri bangsa.

"Kali ini kami bergerak di Bandung dan Kab. Bandung, peserta dikenalkan keberadaan warisan budaya. Contoh lokasi yang kami kunjungi yaitu Museum Konferensi Asia Afrika yang memiliki nilai sejarah, dan dapat menjadi inspirasi," ujar Lita dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (26/7).

Lebih lanjut, kata Lita, Kegiatan ini akan terus digelar setiap tahun dengan lokasi yang berbeda-beda.

"Akan berjalan setiap tahunnya, dengan pengembangan kegiatan tidak hanya di Kota Bandung dan Kab. Bandung saja, tapi juga daerah lainnya di Jawa Barat," kata Lita.

BPK Wilayah IX Jawa Barat melakukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan internalisasi dan aktualisasi warisan budaya di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News