Bey Machmudin Pastikan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Segera Dibersihkan

Rabu, 12 Juni 2024 – 16:00 WIB
Bey Machmudin Pastikan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Segera Dibersihkan - JPNN.com Jabar
Lautan sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan pemerintah segera melakukan pembersihan sampah di di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Kepastian itu dikatakan Bey seusai meninjau lokasi lautan sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (12/6).

Sejauh mata memandang, hanya ada sampah yang menyebar di badan aliran sungai Citarum itu. Mulai dari sampah rumah tangga, pepohonan, hingga kasur.

Lautan sampah di DAS Citarum itu belakangan viral dan kembali menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Dalam kunjungannya, Bey menilai fenomena penumpukan yang hampir menyerupai pulau sampah itu terjadi dikarenakan ketinggian air tengah turun dan adanya sedimentasi sungai.

Hal ini juga diperparah dengan kebiasaan warga di DAS Citarum yang masih membuang sampah ke sungai.

“Memang ini kan karena airnya turun, dan adanya sedimen dan terutama juga sampah ini kan kembali pada kedisiplinan warga. Jadi kami mohon masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya, dan ini ya, ya ini akibatnya,” kata Bey.

Menurutnya, jika aliran sungai ini lancar, sampah-sampah tersebut akan tertahan di ujung, namun karena volume sampah sudah meninggi ditambah sedimen, maka sampah tersebut menumpuk di sepanjang aliran yang melintas di bawah jembatan BBS.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau lokasi lautan sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (12/6).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News