RS Hasan Sadikin Siapkan Ruang Isolasi Khusus Pasien Terjangkit Mpox

Jumat, 06 September 2024 – 13:25 WIB
RS Hasan Sadikin Siapkan Ruang Isolasi Khusus Pasien Terjangkit Mpox - JPNN.com Jabar
Ahli Dermatologi RS Hasan Sadikin Prof Hendra Gunawan. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin Bandung menyiapkan ruangan khusus bagi pasien-pasien rujukan yang terkena penyakit Mpox atau cacar monyet.

Namun, hingga kini RSHS Bandung belum menerima pasien yang terkonfirmasi positif Mpox.

“Kami memiliki ruangan Kemuning dan RIKK untuk pasien-pasien yang haarus dirawat (Mpox). Kami ada lima ruangan,” kata Ahli Dermatologi RS Hasan Sadikin Prof Hendra Gunawan, Jumat (6/9/2024).

Ia menerangkan, ruangan khusus tersebut merupakan ruangan isolasi kubikel. Ruangan tersebut dilengkapi oleh peralatan penunjang yang memadai.

“Untuk tahun 2024 kami belum ada rujukan pasien atau pasien yang datang sendiri ke RS Hasan Sadikin,” ujarnya.

Tahun lalu pihaknya menerima empat orang pasien suspek virus Mpox. Setelah dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur, hasilnya dua orang positif Mpox dan dua lagi negatif.

“Di tahun sebelumnya ada empat pasien yang diperiksa dengan dua yang terkonfirmasi positif. Beberapa pasien diduga Mpox yang dirujuk dari beberapa rumah sakit itu ada beberapa, tapi setelah dilakukan pemeriksaan ternyata bukan Mpox,” jelasnya.

Dua orang pasien positif Mpox itu pun kini sudah sembuh total setelah dilakukan pengobatan dan isolasi di ruangan khusus.

Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin Bandung menyiapkan ruangan khusus bagi pasien-pasien rujukan yang terkena penyakit Mpox atau cacar monyet.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News