RSHS Bandung Serahkan Hasil Tes Kesehatan 41 Calon Kepala Daerah ke KPU

Rabu, 04 September 2024 – 16:26 WIB
RSHS Bandung Serahkan Hasil Tes Kesehatan 41 Calon Kepala Daerah ke KPU - JPNN.com Jabar
Direktur Utama (Dirut) RSHS Bandung Rachim Marsidi dalam konferensi pers di RS Hasan Sadikin Bandung, Rabu (4/9/2024). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin telah merampungkan pemeriksaan kesehatan 41 pasangan calon kepala daerah (cakada) di Jawa Barat. Hari ini, hasil pemeriksaan kesehatan pun telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat.

Direktur Utama (Dirut) RSHS Bandung Rachim Marsidi mengumumkan langsung selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan bagi paslon kepala daerah yang terdiri dari wali kota, bupati, dan gubernur. 

"Dalam Pilkada serentak 2024, RSUP Hasan Sadikin menjadi salah satu RS yang ditunjuk oleh KPU sebagai penyelenggara pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah. Pada 30 Agustus-1 September 2024 pemeriksaan kesehatan sudah dilaksanakan dan berlangsung aman lancar terkendali," kata Rachim dalam konferensi pers di RS Hasan Sadikin Bandung, Rabu (4/9/2024).

"Pemeriksaan kesehatan diikuti 4 paslon gubernur dan 37 paslon kepala daerah dari 13 kota kabupaten yaitu Purwakarta, Subang, Kota Bandung, Banjar, Cianjur, Kabupaten Bandung, Majalengka, Pangandaran, Bandung Barat, Indramayu, Sukabumi, Kuningan dan Garut," lanjutnya.

Rachim menjelaskan, pemeriksaan kesehatan untuk pasangan calon kepala daerah meliputi pemeriksaan rohani dan jasmani.

Adapun untuk melakukan pemeriksaan itu, RS Hasan Sadikin membentuk tim khusus yang terdiri dari internal maupun eksternal seperti BNN.

"Untuk memenuhi pemeriksaan kesehatan, RSHS membentuk tim pemeriksa yang terdiri dari tenaga medis dan tenaga non medis. Tugas tim pemeriksa, menyusun rencana kerja, melaksanakan pemeriksaan, menyampaikan hasil pemeriksaan kepada KPU yang selambat-lambatnya diumumkan 5 hari setelah dilakukan pemeriksaan," jelasnya.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan bagi pasangan bakal calon untuk memenuhi syarat pendaftaran ke KPU.

RS Hasan Sadikin menyelesaikan tes kesehatan para calon kepala daerah di Jawa Barat. Hasil tes diserahkan kepada KPU.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News