Pj Gubernur Jabar Pastikan Permasalahan Sampah Jadi Penyelesaian Prioritas

Selasa, 14 Mei 2024 – 13:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Pastikan Permasalahan Sampah Jadi Penyelesaian Prioritas - JPNN.com Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin didampingi Ketua Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya Dedi Taufik dan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono TPST Ence Azis Jalan Babatan, Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Senin (13/5). Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menargetkan Kota Bandung jadi percontohan pengelolaan sampah di wilayah Jawa Barat. 

Beberapa fasilitas pengolahan sampah akan diperbaiki dengan pendekatan inovasi teknologi dan jumlahnya ditambah. 

Bey mengatakan, pengelolaan sampah harus menjadi salah satu prioritas yang segera diselesaikan. 

Adapun Kota Bandung menjadi daerah dengan produksi sampah paling besar di wilayah Jabar. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung 2023, jumlah produksi sampah di Kota Bandung mencapai 1.549,18 ton per hari pada 2022 dengan sampah makanan menjadi penyumbang terbesar. 

Bey sendiri melakukan pembahasan tersebut di TPS3R Enci Azis Gardujati Kota Bandung bersama sejumlah pejabat, di antaraya, Ketua Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya yang juga Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Jabar Dedi Taufik dan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Di TPS3R Enci Azis Gardujati Kota Bandung, Bey ingin mengembangkan proses pengolahan sampah dari Gibrik (alat pemisah sampah organik dan anorganik) hingga bisa menjadi Refuse derived fuel (rdf). 

“Ini terkait sampah Kota Bandung, kami ingin penanganan sampah jadi prioritas, disini contoh kami ingin mengembangkan ada Gibrik sampai RDF. Nanti ada peningkatan dan saya akan lihat dulu dampaknya secara visual, jangan sampai masih ada yang buang sampah sembarangan segala macam,” kaya Bey, Selasa (14/5). 

“Tadi juga dibahas perda yang bisa menghukum mereka yang buang sampah sembarangan dan peningkatan mesin-mesin yang ada,” lanjut dia. 

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menargetkan Kota Bandung jadi percontohan pengelolaan sampah di wilayah Jawa Barat. 
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News