Begini Jeritan Hati Mak-mak di Bandung Soal Minyak Goreng, Lumayan Pedih

Jumat, 18 Maret 2022 – 16:50 WIB
Begini Jeritan Hati Mak-mak di Bandung Soal Minyak Goreng, Lumayan Pedih - JPNN.com Jabar
Salah seorang pembeli tengah mengambil minyak goreng kemasan di rak supermarket di Jalan Sunda, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Permasalahan minyak goreng (migor) tak juga kunjung selesai. Setelah masyarakat dihadapkan pada fenomena kelangkaan migor kemasan di supermarket dan ritel modern, kini mereka harus menerima fakta kalau harga migor melambung tinggi.

Kenaikan harga migor ini seiring dengan dicabutnya aturan harga eceran tertinggi (HET) yang sebelumnya dipatok Rp 14.000 per liter setelah disubsidi pemerintah.

Diketahui saat ini harga migor kemasan di toko retail modern menembus Rp 20.000 per liternya. Bahkan ada yang Rp 47.000 untuk dua liter migor kemasan.

Kenaikan harga migor ini pun menjadi pil pahit bagi masyarakat, terutama mak-mak yang menggunakan migor untuk kebutuhan memasak hariannya.

“Kemarin harga gas sempat naik, terus sekarang minyak goreng juga ikutan naik harganya. Kami sebagai orang kurang mampu ya jadi semakin susah hidupnya,” kata salah satu ibu rumah tangga Ita di Kopo, Bandung, Jumat (18/3).

Ita menilai, itikad pemerintah untuk memberi bantuan subsidi pada harga minyak goreng curah yakni Rp 14.000 per liter tak akan berdampak apa pun pada harga di toko kelontong. Pasalnya, harga tersebut hanya bisa didapatkan kalau membeli langsung dari pengecer di pasar tradisional.

Sedangkan mayoritas masyarakat termasuk Ita, terbilang sulit untuk bisa datang ke pasar membeli migor curah. Alhasil, mau tak mau Ita membeli migor dari warung dekat rumahnya.

“Kemarin saya beli (minyak curah) seperempat kilogram sudah Rp 9.000. Jadi kalau mau beli satu kilogram sudah Rp 35.000,” ungkapnya.

Pemerintah denger nih jeritan hati Mak-mak di Kota Bandung soal harga minyak goreng.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News