Atang Trisnanto Minta Pemkot Bogor Berikan THR Lebaran Kepada Para Korban Bencana Alam

Kamis, 28 Maret 2024 – 14:30 WIB
Atang Trisnanto Minta Pemkot Bogor Berikan THR Lebaran Kepada Para Korban Bencana Alam - JPNN.com Jabar
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Foto: Dok Humpropub DPRD Kota Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto mendorong pemerintah memberi bantuan sembako, mukena, baju muslim, uang tunai dan kebutuhan lain semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana dalam kurun tiga bulan terakhir ini sebagai pelipur lara jelang Idulfitri 1445 Hijriyah. 

Atang menilai bantuan semacam "THR Lebaran" bagi warga terdampak bencana yang harus mengungsi, ataupun masih berada di tempat tinggalnya dalam wilayah rawan bencana, kebutuhan mereka jelang hari raya idulfitri ini perlu menjadi perhatian pemerintah, agar mereka tetap mendapat keceriaan di hari kemenangan. 

"Idulfitri itu kemenangan melawan nafsu, meningkatkan empati, simpati kita terhadap sesama. Ramadan dan Idulfitri yang masuk di bulan-bulan musim penghujan tahun ini, dengan cuaca ekstrem, ada ribuan warga kita terdampak bencana. Saya mendorong agar ada semacam THR Lebaran untuk mereka, untuk keceriaan mereka di hari raya," kata Atang.

Menurut data BPBD Kota Bogor dalam tiga bulan terakhir, dimulai dari Januari 20224 hingga Senin (25/3), terdapat 149 rumah terdampak bencana banjir, longsor, pohon tumbang, kebakaran atau rumah roboh karena rapuh. 

Kondisi bangun mulai dari rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat, dengan rincian pada Januari 53 rumah terdampak, Februari sebanyak 46 rumah terdampak dan data sementara Maret terdapat 50 rumah terdampak.

Dari 149 rumah rusak terdampak bencana tersebut terdapat 1.134 jiwa dari 540 kartu keluarga (KK) penghuninya harus mengungsi atau tetap tinggal dengan penuh risiko bencana susulan.

Atang berpandangan bahwa anggaran tanggap bencana pada biaya tak terduga (BTT) di musim penghuujan ini dapat disisihkan untuk memberi bantuan bagi warga terdampak, bukan hanya untuk keperluan evakuasi, kebutuhan mengungsi, tetapi juga menjaga semangat dan suasana kebatinan mereka jelang Idul Fitri. 

DPRD bersama Pemkot Bogor telah menyiapkan anggaran BTT hingga tiga kali lipat dari tahun 2019 pada anggaran belanja daerah 2024, dengan total nilai Rp98,5 miliar dari Rp30 miliar sebelumnya. 

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto dorong pemberian THR Lebaran bagi warga Kota Bogor yang terdampak bencana alam.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News