Pakar Optimistis Pemanfaatan Big Data di Indonesia Bisa Dioptimalkan

Rabu, 06 Maret 2024 – 12:00 WIB
Pakar Optimistis Pemanfaatan Big Data di Indonesia Bisa Dioptimalkan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Pemanfaatan big data di Indonesia belum optimal. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Banyak perusahaan di Indonesia memiliki visi mengelola big data. Tetapi, sering kali tidak terprogram dengan baik karena belum adanya ekspektasi output yang jelas.

Maka dari itu, selain harus disertai komitmen dan output yang tepat, perusahaan juga lebih baik didampingi pihak yang memahami bid data.

Salah satu contohnya adalah menggunakan layanan big data dari PT Telkom Indonesia (Persero) yakni BigBox.

“Pendampingan expert akan menjadi pondasi yang kuat dalam implementasi big data. Tanpa itu, maka pengembangannya akan never ending project dan tidak jarang menjadi investasi sia-sia,” kata Co-founder Enclave Kolaborasi Global Rinaldi Leksana dalam keterangannya, Rabu (6/3).

Pernyataan yang sama juga disampaikan Direktur Jakarta Smart City 2019 – 2023 Yudhistira Nugraha mengatakan, peningkatan kapasitas analitik data untuk memproses, menganalisa, dan menginterpretasikan big data secara efektif harus ditingkatkan dengan pemanfaatan teknologi seperti artificial intelligence (AI) dan Machine Learning.

Pemanfaatan hasil analisa big data untuk pengambilan keputusan (data-driven policy), kata dia, membutuhkan kolaborasi dan keterbukaan data, infrastruktur, dan literasi digital guna memastikan big data dapat dimanfaatkan maksimal.

"Misalnya penggunaan big data di instansi pemerintah daerah, harus manfaatkannya sampai level merespons kebutuhan dan ekspektasi masyarakat urban. Seperti ketersediaan transportasi umum dan informasi lalu lintas yang lebih efisien,” ucapnya.

“Selain itu juga layanan kesehatan terkait ketersediaan dokter dan waktu tunggu terutama dalam kondisi darurat serta manajemen bencana untuk merespons situasi darurat,” ujar Doktor Keamanan Informasi Oxford University, Inggris, ini.

Pakar Big Data menyatakan bila pemanfaatan data di instansi baik swasta maupun pemerintah, belum maksimal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News