Telkom Perluas Layanan Teknologi AI, Begini Kata Praktisi Bisnis Digital

Selasa, 16 Juli 2024 – 18:30 WIB
Telkom Perluas Layanan Teknologi AI, Begini Kata Praktisi Bisnis Digital - JPNN.com Jabar
PT Telkom Indonesia selaku lokomotif digitalisasi di Indonesia memperluas solusi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence/AI. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Praktisi bisnis digital menyambut baik langkah PT Telkom Indonesia selaku lokomotif digitalisasi di Indonesia dalam memperluas solusi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence/AI.

Anggota Startup Bandung Terry Djony menilai langkah ini sangat relevan dengan kondisi saat ini dan bisa mendorong dampak positif yang signifikan bagi para pelaku usaha.

"Kami setuju dengan komitmen Telkom memperluas penggunaan AI di Indonesia, terutama dalam jenis layanan ChatBot. Ini dapat memberikan dampak positif signifikan pada berbagai sektor usaha di Indonesia,” kata Terry dalam keterangannya, Selasa (16/7/2024).

Menurut dia, pemanfaatan teknologi AI di bidang customer service akan semakin terintegrasi. Mulai dari awal chat pelanggan masuk hingga penilaian quality assessment dan evaluasinya.

Head of Knowledge & AI Enclave Kolaorasi Global Arfan Wicaksono menambahkan, pihaknya memiliki variasi testimoni atas layanan eksisting AI yang dikembangkan oleh Telkom.

Contohnya pada produk Netmonk yang memiliki layanan MONA. Chatbot berteknologi AI ini merupakan sebuah inovasi tepat sasaran, terlebih dalam meningkatkan Quality of Experience (QoE) pengguna.

Inovasi MONA diyakini dapat menunjang perkembangan kualitas jaringan di Indonesia secara melejit atas chat dari pengguna.

“Pemanfaatan AI pada monitoring jaringan masih bisa diaplikasikan lebih dalam lagi, di antaranya untuk melakukan estimasi dan prediksi sumber daya jaringan,” ujarnya.

Praktisi bisnis digital menyambut baik langkah PT Telkom Indonesia selaku lokomotif digitalisasi di Indonesia dalam memperluas solusi kecerdasan buatan atau AI.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News