Telkom: Kehadiran AI Memberikan Solusi Digital di Bidang Teknologi

Rabu, 21 Agustus 2024 – 13:50 WIB
Telkom: Kehadiran AI Memberikan Solusi Digital di Bidang Teknologi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Kehadiran robot membangun pekerjaan manusia. Foto: dokumentasi Telkom

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT Telkom Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) serta jaringan telekomunikasi, tidak khawatir akan kehadiran kecerdasan buatan atau AI.

Sejak empat tahun silam, Telkom telah bertransformasi menjadi Digital Telecommunication Company, yang mengembangkan berbagai produk dan layanan digital, termasuk AI.

Terlebih dengan pesatnya perkembangan AI, Indonesia memiliki potensi mengembangkan berbagai solusi digital untuk membenahi berbagai tantangan yang hadir. 

Solusi digital tersebut telah PT Telkom hadirkan dalam tiga kelompok besar layanan yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services. 

EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa, mengatakan Telkom sudah memanfaatkan AI selama beberapa tahun terakhir dengan dua penggunaan mayor.

“Yang pertama bagaimana memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan pada bisnis eksisting Telkom. Yang kedua, menawarkan layanan digital berbasis AI seperti BigBox yang menghadirkan big data dan solusi AI yang bisa dipakai di seluruh industri, bahkan institusi pemerintahan,” kata Komang dalam keterangannya, Rabu (21/8).

Menurut Komang, pada akhirnya asa kedaulatan digital termasuk dalam bidang AI bukan-lah angan semata.

Upaya Telkom yang telah dan sedang hadirkan talenta digital untuk mengakselerasi pengembangan teknologi AI adalah sepenuhnya demi kemajuan bangsa.

Telkom Indonesia tidak khawatir akan kehadiran kecerdasan buatan atau AI yang tengah berkembang di Indoneia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News