Pemkab Sukabumi Fokus Stabilkan Harga Beras Sebelum Ramadan

Kamis, 22 Februari 2024 – 13:00 WIB
Pemkab Sukabumi Fokus Stabilkan Harga Beras Sebelum Ramadan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cadangan beras. Foto (ilustrasi): Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi berupaya untuk menstabilkan harga beras yang diharapkan sebelum Bulan Suci Ramadan 1445 H harganya bisa kembali normal.

"Berbagai upaya terus kami (Pemkab Sukabumi) lakukan agar harga beras kembali normal, mulai dari memantau perkembangan harga di pasar tradisional setiap harinya, ketersediaan, pasokan dan menggelar pasar murah beras seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Palabuhanratu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, Kamis (22/2).

Menurut Ade, dari hasil pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat yang dilakukan beberapa waktu lalu ditemukan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, tetapi yang paling menonjol adalah beras.

Di mana untuk beras jenis medium saat ini dijual di pasar tradisional mencapai Rp14 ribu sampai Rp15 ribu setiap kilogram atau ada kenaikan sekitar Rp2 ribu-Rp3 ribu/kg.

Kemudian untuk jenis premium rata-rata harga untuk eceran Rp16 ribu sampai Rp17 ribu setiap kilogram atau mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu.

Tentunya kenaikan harga beras ini menjadi perhatian utama pihaknya, apalagi menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 yang biasanya permintaan beras meningkat. Dampak meningkatnya permintaan dikhawatirkan harga beras terus merangkak naik.

Maka dari itu, untuk menstabilkan kembali harga beras yang diharapkan bisa terlaksana sebelum Ramadhan, Pemkab Sukabumi menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) Cianjur untuk menggelar pasar murah beras yang tahap pertama ini dilaksanakan di Alun-Alun Palabuhanratu.

Pada kegiatan itu 10 ton beras disediakan untuk masyarakat. Setiap paket beras yang dijual di pasar murah itu seharga Rp53 ribu setiap lima kilogram atau hanya Rp10.600/kg.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi berupaya untuk menstabilkan harga beras yang diharapkan sebelum Ramadan 1445 H harganya bisa kembali normal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News