Kolaborasi PDAM Tirta Rangga dan Pabrik Aqua Alirkan Air Bersih Ke Masyarakat Korban Longsor Subang

Jumat, 12 Januari 2024 – 16:08 WIB
Kolaborasi PDAM Tirta Rangga dan Pabrik Aqua Alirkan Air Bersih Ke Masyarakat Korban Longsor Subang - JPNN.com Jabar
Pemasangan pipa PDAM Tirta Rangga untuk mengalirkan air dari sumber 1 Pabrik AQUA Subang. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, SUBANG - Bencana longsor di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang telah membuat pipa Perumda Air Minum Tirta Rangga (PDAM) Subang terputus.

Hal itu mengakibatkan aliran air PDAM kepada sekitar 10.000 pelanggan di Kabupaten Subang terhenti. Banyak orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Direktur Utama Perumda Tirta Rangga, Lukman Nurhakim menuturkan, pihaknya telah bergerak cepat memasangkan pipa jaringan air bersih sementara untuk masyarakat yang sempat terputus akibat longsor.

"Kami bergerak cepat untuk pemulihan distribusi air bersih kepada masyarakat di tiga kecamatan, yaitu Cipondok, Pasanggrahan, dan Kasomalang. Tim Perumda Tirta Rangga sudah melakukan pemasangan jaringan air bersih, sehingga pelayanan air minum kepada masyarakat yang merupakan pelayanan dasar dapat segera teratasi," tutur Lukman dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (12/1).

PDAM Tirta Rangga, Subang mengantisipasi masalah tersebut dengan mengambil air dari sumber Pabrik Aqua Subang yang sudah tidak terpakai lagi untuk dialirkan ke saluran PDAM. Dengan demikian masyarakat Kabupaten Subang pelanggan PDAM Tirta Rangga kembali mendapatkan air bersih di rumah masing-masing.

Hal itu sejalan dengan arahan dari Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Pj Bupati Subang DR Imran pada saat meninjau lokasi longsor pada 8 Januari 2024. Mereka mengharapkan agar pelayanan air bersih kepada masyarakat di Kabupaten Subang, terutama di tiga kecamatan terdampak, dapat teratasi dengan baik dan dilakukan sesegera mungkin.

“Pabrik Aqua Subang ikut prihatin dengan terjadinya bencana longsor di Kampung Cipondok, Kabupaten Subang. Kami telah berkoordinasi dengan otoritas dan pemangku kepentingan setempat untuk secara bersama-sama melakukan penanggulangan bencana. Salah satunya dengan mengalirkan air bersih dari sumber 1 Pabrik Aqua Subang ke pipa PDAM Tirta Rangga untuk kemudian dialirkan ke para pelanggan PDAM,” ujar Senior External Relations Manager Danone-Aqua Murtijo Utomo.

Pabrik Aqua Subang juga mengalirkan air bersih kepada masyarakat Kampung Cipondok yang terdampak langsung dengan bencana longsor tersebut pada 11 Januari 2024.

Kolaborasi Pemda Kabupaten Subang melalui PDAM Tirta Rangga dengan Pabrik Aqua salurkan air bersih untuk warga terdampak longsor di Cipondok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News