Alhamdulilah, Ada Kabar Baik Dari Pak Setiawan Soal Covid-19

Selasa, 08 Maret 2022 – 15:30 WIB
Alhamdulilah, Ada Kabar Baik Dari Pak Setiawan Soal Covid-19 - JPNN.com Jabar
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. (Foto: Yana/Humas Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa barat (Jabar) memastikan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya menurun dalam sepekan terakhir. Sampai dengan pekan ke dua di bulan Maret, angka kasus harian Covid-19 di Jabar mencapai 4.368 orang.

“Di awal Februari (angka kasus harian) sempat mencapai 16 ribu per hari. Hari ini, hanya sekitar empat ribuan,” kata Setiawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (8/3).

Lebih lanjut, Setiawan menyebut, penurunan angka Covid-19 juga berdampak pada penurunan tingkat keterisian di rumah sakit. Diketahui, saat ini BOR (Bed Occupancy Ratio) Jawa Barat berada di angka 34,51 persen, angka tersebut mengalami penurunan 1,84 persen dari sebelumnya.

Meski begitu, Setiawan menuturkan, sempat terjadi peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Jabar, saat libur panjang. Salah satu wilayah yang terjadi peningkatan kasus Covid-19 yaitu Kota Bandung.

Pasalnya, Kota Bandung sebagai destinasi wisata kerap dijadikan tujuan wisatawan dari luar kota, seperti Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus Corona.

“Kasus tertinggi kan biasanya di Jakarta, tetapi karena liburan banyak ke Jabar. Jadi terjadi kasus konfirmasi positif itu banyak di Jabar,” tuturnya.

Selanjutnya, Setiawan menambahkan, komposisi sumbangan kasus di wilayah aglomerasi Bodebek dan Bandung Raya kontribusinya bergeser.

“Dulu, kurang lebih 40 persen kontribusi di Bodebek, 30 persen di Bandung Raya. Sekarang terbalik. Itu pergeseran dari liburan tadi, karena Bodebek itu tidak terlepas dari Jakarta. Kalau Jakarta menurun, Bodebek ikut turun,” kata Setiawan. (mcr27/jpnn)

Pemprov Jabar menyampaikan penurunan kasus Covid-19 di wilayahnya di awal bulan Maret ini. Sebegini angkanya

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News