Ada Kopi Saset Mengandung Obat Kuat di Bandung, Begini Tanggapan Dinkes

Senin, 07 Maret 2022 – 20:00 WIB
Ada Kopi Saset Mengandung Obat Kuat di Bandung, Begini Tanggapan Dinkes - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kopi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung meminta masyarakat lebih teliti dalam membeli atau mengonsumsi bahan pangan. Imbauan ini menyusul adanya temuan Badan POM adanya kopi saset mengandung obat kuat yang beredar di Kota Bandung dan Bogor.

Kepala Dinkes Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan bahan makan yang diproduksi dalam pabrik.

“Regulasi pengawasan makanan dan minuman kan ada dua macam. Kalau yang industri rumah tangga itu kewenangannya dinkes, sementara yang sifatnya pabrikan itu (kewenangan) BPOM gitu,” kata Ahyani di Bandung, Senin (7/3).

Menurut Ahyani, regulasi peredaran bahan pangan di pasaran diawali pengawasannya secara bertahap dari hulu ke hilir.

“Dari mulai hulunya BPOM, hilirnya di perdagangan industri, pasti dijual di gerai toko atau supermarket,” ucap Ahyani.

Lebih lanjut, agar terhindar dari produk-produk ilegal yang berbahaya, masyarakat bisa teliti dengan melihat Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

Dalam kemasan bersertifikat itu tercantum kandungan dalam makanan atau minuman, serta nomor SPP-IRT.

“Kalau ragu, lihat nomornya. Bisa tanya ke kami, ini kok ragu karena yang ini (kopi saset ilegal) juga dipalsukan (izin edarnya),” tuturnya.

Dinkes Bandung merespons temuan produk kopi saset mengandung obat kuat yang beredar di Kota Bandung. Ada imbauan buat masyarakat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News