Disparbud Garut Pastikan Pelaku Usaha Pariwisata Siap Sambut Libur Nataru 2023

Kamis, 30 November 2023 – 07:35 WIB
Disparbud Garut Pastikan Pelaku Usaha Pariwisata Siap Sambut Libur Nataru 2023 - JPNN.com Jabar
Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/Feri Purnama.

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut mendorong para pelaku usaha untuk bersiap menyambut wisatawan saat musim libur Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan kesan yang baik bagi dunia pariwisata Garut.

"Sudah kami dorong semua pelaku wisata di Garut untuk menyiapkan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Agus Ismail dikutip Kamis (30/11).

Lebih lanjut, kata Agus, pihaknya telah beberapa kali memberikan pelatihan pelayanan wisata bagi para pelaku usaha Garut di bidang tersebut.

"Sudah kami laksanakan kegiatan beberapa kali, ada tujuh pelatihan yang sifatnya untuk 'upgrade' wawasan kepada pelaku wisata buatan maupun alam," katanya lagi.

Dia menjelaskan, bentuk pelatihan yang diberikan kepada pelaku wisata, yakni terkait kebersihan tempat, keamanan, dan peran pemandu wisata agar mereka yang datang merasa nyaman selama di tempat wisata.

Meski begitu, Agus menuturkan peran dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan suasanan aman dan nayaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut.

"Perlu ada dukungan masyarakat, bagaimana mereka bisa terlibat ke dalam peran serta kenyamanan, ketertiban di tempat wisata," kata Agus.

Dari sisi keamanan, kata Agus, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan pada saat momen libur Nataru 2023. Khususnya antisipasi adanya aksi premanisme yang dapat mengganggu kenyamanan para wisatawan yang datang ke wilayahnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut meminta para pelaku usaha pariwisata untuk bersiap menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News