Hasil Uji Lab Cimin Maut di Bandung Barat, Teruji Ada Bakteri Bacillus Cereus

Kamis, 05 Oktober 2023 – 16:30 WIB
Hasil Uji Lab Cimin Maut di Bandung Barat, Teruji Ada Bakteri Bacillus Cereus - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan makanan. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Kasus keracunan jajanan cimin atau aci mini yang menyebabkan puluhan siswa di SDN 3 Jati, Saguling, Kabupaten Bandung Barat mengeluh mual akhirnya terungkap penyebabnya. 

Berdasarkan uji laboratorium sampel bahan baku cimin yang dilakukan di Lab sekda Jabar, terungkap cimin positif mengandung bakteri Bacillus Cereus. 

"Untuk hasilnya memang ada beberapa bakteri dan jamur. Tapi kalau dilihat memang tendensi membuat diare itu yang bacillus cereus (bakteri) yang di bahan bakunya di terigu dengan tepung singkongnya kalau dilihat dari hasil lab," kata Kabid P2P Dinkes Jabar Rochadi dikonfirmasi, Kamis (5/10). 

Ia menyebut bakteri bacillus cereus tersebut menyebabkan seseorang mengalami mual dan muntah jika masuk ke dalam tubuh. 

"Salah satunya bikin mual dan muntah, diare (jika dikonsumsi) karena dia (bakteri) ngeluarin toksin, dan toksinnya itu yang bisa menyebabkan diare," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bakteri itu akan memberikan dampak lebih parah jika seseorang yang terpapar punya daya tahan tubuh lemah. 

Sebaliknya, jika daya tahan tubuh kuat, bakteri itu tidak begitu berbahaya. 

"Kalau pada orang-orang yang punya daya tahan tubuh yang menurun, itu pasti kumannya akan lebih dominan. Tapi kalau daya tahan tubuhnya bagus, dan langsung diberikan anti biotik itu akan lebih bagua," ujarnya 

Labkesda Jabar mengungkapkan hasil uji lab cimin yang menyebabkan puluhan siswa di SDN 3 Jati, Saguling keracunan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News