Kadar Kolesterol Anda Tinggi? Turunkan Dengan Mengonsumsi 5 Makanan dan Minuman Sehat Ini

Rabu, 02 Agustus 2023 – 08:30 WIB
Kadar Kolesterol Anda Tinggi? Turunkan Dengan Mengonsumsi 5 Makanan dan Minuman Sehat Ini - JPNN.com Jabar
Cara Sederhana Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh. Ilustrasi Foto: Allodokter

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang dihasilkan oleh tubuh. Jika begitu, kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita semua. Namun, kadar kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Ini merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, bagi penderita penyakit berbahaya ini, selain dengan obat penurun kolesterol, dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman berikut. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Sayuran hijau

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan penurun kolesterol yang tak kalah penting. Penderita kolesterol disarankan mengonsumsi sayuran setiap hari.

Selain sebagai pendamping makanan penurun kolesterol setelah makan daging, kamu bisa mengolahnya jadi jus atau smoothies.

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi seperti bayam, katuk, dan kangkung dipercaya melindungi pembuluh darah dari plak akibat tumpukan kolesterol.

2. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan minuman yang membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Selain dari kacang kedelai, manfaat ini juga bisa diperoleh dari makanan olahannya, seperti tahu dan tempe.

Menurut Harvard Health, mengonsumsi 25 gram protein kedelai (10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai) setiap hari mampu mengurangi kadar LDL hingga 5–6 persen.

3. Buah-buahan

Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal (2013) menemukan buah alpukat bisa mengontrol kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi.

Turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan mengonsumsi lima makanan dan minuman sehat ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News