3 Khasiat Kulit Jeruk yang Luar Biasa

Senin, 24 Juli 2023 – 08:30 WIB
3 Khasiat Kulit Jeruk yang Luar Biasa - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Jeruk merupakan salah satu buah kaya vitamin C yang bisa memberi berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Biasanya, setelah mengonsumsi buahnya, Anda membuang kulit jeruk begitu saja. Namun, kulit jeruk pada dasarnya aman untuk dimakan dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, cara penyajian yang paling nikmat untuk menghidangkan kulit jeruk dalam bentuk parutan untuk menambah rasa dan aroma hidangan.

Agar bisa dinikmati, cukup tambahkan sedikit parutan kulit jeruk dalam hidangan oatmeal, salad, atau teh hangat. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan gigi

Tak ada yang menyangka, kulit jeruk ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Pasalnya, kulit jeruk mengandung senyawa antibakteri serta mineral berupa fosfor dan kalsium.

Senyawa antibakteri berguna untuk mencegah pembentukan plak serta gigi berlubang, sedangkan fosfor dan kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Istimewanya, kulit jeruk juga memiliki senyawa yang disebut limonene yang bisa memutihkan gigi secara alami.

2. Menjaga kesehatan jantung

Studi dalam jurnal Advances in Nutrition mengungkapkan, bahwa pola makan tinggi serat dan vitamin C bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Berikut ini tiga khasiat kulit jeruk yang luar biasa. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News