5 Buah Sehat yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Rabu, 05 Juli 2023 – 08:30 WIB
5 Buah Sehat yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes - JPNN.com Jabar
Ilustrasi diabetes. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Mulai dari orang tua, remaja hingga anak-anak.

Diabetes terjadi akibat naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Jika Anda menderita diabetes, sebaiknya kamu mulai menerapkan pola gaya hidup sehat.

Misalnya, dengan membatasi mengonsumsi berbagai makanan dan minuman manis, serta buah.

Pasalnya, ada beberapa buah tertentu yang memiliki kandungan glikemik cukup tinggi yang nantinya bisa memicu terjadinya lonjakan gula darah. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mangga

Mangga ternyata merupakan salah satu buah yang wajib dihindari penderita diabetes. Pasalnya, mangga mengandung fruktosa atau karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 36 karbohidrat dan 25 gram gula.

Sehingga akan mengganggu kontrol gula darah. Selain itu, ketika mangganya melunak karena matang memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi yang bisa menyebabkan kadar gula darah lebih cepat meningkat.

2. Anggur

Anggur ternyata merupakan salah satu buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, dengan mengonsumsi sebanyak 15 buah anggur sehari, maka membuat kadar karbohidratnya meningkat sangat tinggi.

Oleh sebab itu, saat seseorang mengonsumsi lebih dari 15 buah anggur sehari, bisa dibayangkan berapa jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Lima buah sehat yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, salah satunya adalah buah anggur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News