Pemkab Purwakarta Fokus Kembangkan 7 Komoditas Unggulan di Sektor Pertanian

Kamis, 18 Juli 2024 – 14:00 WIB
Pemkab Purwakarta Fokus Kembangkan 7 Komoditas Unggulan di Sektor Pertanian - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan saat panen buah melon. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menyiapkan ratusan hektare areal persawahan untuk pengembangan tujuh komoditas unggulan hasil pertanian untuk mendorong pergerakan perekonomian di wilayah perdesaan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan mengatakan tujuh komoditas yang akan dijadikan komoditas unggulan di antaranya buah durian, buah rambutan, buah melon, pisang, bawang merah, tomat, dan kacang panjang

Ia menyampaikan bahwa pengembangan tujuh komoditas itu dilakukan menyusul kesuksesan komoditas buah Manggis Wanayasa yang telah berhasil menembus pasar nasional dan internasional.

Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, katanya, telah menyiapkan ratusan hektare areal sawah untuk dimanfaatkan dalam pengembangan tujuh komoditas tersebut.

Untuk buah durian, pengembangannya akan dilakukan di desa-desa yang tersebar di 11 kecamatan, di antaranya Kecamatan Pondoksalam, Cibatu, Wanayasa, Bungursari, Campaka, Pasawahan, Sukasari, Plered, Tegalwaru, Purwakarta dan Kecamatan Darangdan.

Selanjutnya komoditas buah rambutan akan dikembangkan di lima kecamatan, yakni Kecamatan Cibatu, Campaka, Bungursari, Babakancikao dan Kecamatan Purwakarta.

Kemudian komoditas pisang akan dikembangkan di lima kecamatan, yakni Kecamatan Bojong, Sukasari, Maniis, Kiarapedes dan Kecamatan Pondoksalam.

Untuk pengembangan komoditas unggulan cabe dan tomat akan dilakukan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Bojong, Darangdan, Wanayasa dan Kecamatan Kiarapedes.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menyiapkan ratusan hektare areal persawahan untuk pengembangan tujuh komoditas unggulan hasil pertanian
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia