HUT ke-64 Menwa Mahawarman, Siap Bersinergi dengan Perguruan Tinggi

Senin, 26 Juni 2023 – 14:20 WIB
HUT ke-64 Menwa Mahawarman, Siap Bersinergi dengan Perguruan Tinggi - JPNN.com Jabar
Upacara Peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jawa Barat, di Kampus IV Universitas Pasundan. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jawa Barat, dilakukan dengan pelaksanaan upacara di Kampus IV Universitas Pasundan, Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 193, Bandung.

Peringatan bertema “Sinergi Meningkatkan Eksistensi Mahawarman” menjadi momentum penting untuk merefleksikan kembali tujuan pendirian Menwa, serta mendorong peran Menwa dalam mendukung pertahanan negara.

Komandan Menwa Mahawarman Jabar, Eddy Jusuf mengatakan peran Menwa diatur dalam UU Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Dalam UU tersebut, terdapat tiga komponen, yaitu komponen utama TNI-Polri, komponen pendukung dari warga sipil terlatih, dan komponen cadangan yang salah satunya diwakili Menwa,” tuturnya.

Namun, di dalam kampus Menwa tetap berstatus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sehingga pembinaan Menwa langsung di bawah Rektor.

Markas komando satuan Menwa juga bertempat di perguruan tinggi pada kesatuan masing-masing, yang diberikan pelatihan kemiliteran berupa penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri dan senam militer, penyamaran, hingga navigasi.

“Aktivitas bela negara yang bisa dilakukan Menwa cakupannya luas. Masyarakat seringkali menganggap bahwa bela negara harus ‘angkat senjata’, tetapi sebenarnya disesuaikan dengan proporsi di tiap institusi,” terangnya.

Di lingkungan kampus, bela negara dapat diwujudkan dengan menyelesaikan studi tepat waktu dan membantu program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Peringatan HUT ke-64 Menwa Mahawarman Jawa Barat, dilakukan dengan pelaksanaan upacara di Kampus IV Universitas Pasundan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News