Putus Penyebaran Penyakit LSD, 5.500 Hewan Kurban di Purwakarta Bakal Divaksinasi

Rabu, 14 Juni 2023 – 12:40 WIB
Putus Penyebaran Penyakit LSD, 5.500 Hewan Kurban di Purwakarta Bakal Divaksinasi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Petugas kesehatan saat melakukan vaksinasi ternak. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Ribuan hewan ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Purwakarta telah divaksinasi untuk mengatasi penyakit kulit berbenjol atau lumpy skin disease (LSD).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan sepekan sejak langkah vaksinasi dicanangkan, sebanyak 2.057 ekor sapi dan kerbau telah berhasil divaksinasi.

Pencanangan vaksinasi itu ditempuh untuk memutus mata rantai penularan penyakit LSD di seluruh wilayah Purwakarta.

Berdasarkan dengan data Dinas Peternakan dan Pertanian Purwakarta, dari 2.057 hewan ternak yang sudah divaksinasi serentak itu terdiri atas 1.896 ekor sapi dan 161 ekor kerbau.

Bupati mengaku akan terus menerjunkan petugas vaksinasi ke semua pasar hewan ternak dan lokasi peternakan di 17 kecamatan di seluruh Purwakarta.

"Menjelang Iduladha, langkah itu semakin kami perketat untuk memastikan semua hewan kurban bebas penyakit LSD," katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan langkah vaksinasi yang diperintahkan akan terus berlanjut hingga penyakit LSD pada ternak sapi dan kerbau benar-benar teratasi.

"Vakisinasi terus kami tempuh hingga target yang ditetapkan terpenuhi. Kami ditargetkan sebanyak 5.500 ekor sapi dan kerbau bisa divaksinasi," kata Ida.

Ribuan hewan ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Purwakarta bakal divaksinasi demi mencegah penyebaran penyakit lumpy skin disease (LSD).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News