Ratusan Ribu Benih Ikan Nila Disebar Pemerintah di 17 Embung di Kabupaten Purwakarta

Rabu, 07 Juni 2023 – 09:30 WIB
Ratusan Ribu Benih Ikan Nila Disebar Pemerintah di 17 Embung di Kabupaten Purwakarta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat menebarkan benih ikan di sebuah waduk/danau di Purwakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Purwakarta melakukan penyebaran benih ikan nila di embung air atau danau-danau di 17 kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Selain bermanfaat secara ekonomis dan ketahanan pangan hewani, ikan nila juga bisa menjadi sumber gizi yang baik bagi masyarakat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Ia menyampaikan tingginya kandungan omega dari ikan nila, bisa membantu mencegah stunting yang kini menjadi perhatian pemerintah. Karena itu keberadaan ikan nila di danau-danau sekitar Purwakarta harus tetap terjaga.

"Hari ini kami menyebar 100.000 benih ikan nila di sebuah danau di Kampung Mekarsari, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta," katanya.

Menurut dia, hal tersebut merupakan awal dari restocking yang dimulai dari Desa Citalang yang kebetulan ada embung air atau danau.

Sehingga beberapa beberapa bulan ke depan ikan-ikan tersebut akan menjadi pengadaan gizi dan protein hewani untuk masyarakat sekitarnya, dan juga sebagai ketahanan gizi masyarakat.

Bupati menyampaikan embung air atau danau tersebut selama ini sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar oleh warga setempat.

"Setelah ini, nantinya masyarakat dapat memanfaatkan dengan cara dipancing dan sebagainya. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi hewaninya," katanya.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyebar ratusan ribu bibit ikan nila di 17 embung di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News