Cegah Penularan TBC, Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas I Cilodong Jalani Skrining Kesehatan

Jumat, 02 Juni 2023 – 19:30 WIB
Cegah Penularan TBC, Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas I Cilodong Jalani Skrining Kesehatan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi petugas kesehatan saat melakukan skrining kesehatan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok bersama Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cilodong melakukan skrining kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Adapun sasaran skrining kesehatan meliputi pemeriksaan Tuberkulosis (TBC), Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), yang menyasar kepada 240 WBP.

"Kegiatan ini kami adakan selama dua hari, dengan maksud dapat memutus rantai penularan TBC di masyarakat maupun pada WBP dengan menemukan lebih cepat, mengobati semua kasus, serta menyediakan layanan TBC yang berkualitas," ucap Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Jumat (2/6).

Dirinya menerangkan tahun lalu telah dilakukan skrining TBC dengan menggunakan x-ray pada seluruh WBP Rutan Kelas 1 Cilodong.

Saat itu, dilaporkan sebanyak 29 kasus yang telah ditemukan dan diobati dari 1.200 WBP yang dilakukan skrining TBC. 

"Lapas atau rutan seperti yang diketahui sebagai tempat hunian bagi warga binaan pemasyarakatan dan menjadi salah satu tempat penularan TBC yang tinggi. Karena kondisi di beberapa lapas atau rutan di Indonesia yang over kapasitas, sehingga pencegahan dan penularan TBC akan sulit dilakukan jika penderitanya tidak segera diobati," jelasnya.

Mary menjelaskan bahwa skrining gejala dan tanda TBC mutlak perlu dilakukan agar penemuan dini dan pengendalian infeksi serta penularan dapat dicegah.

"Sehingga kami bersama-sama melakukan skrining kesehatan pada WBP di Rutan Kelas 1 Cilodong," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Demi mencegah penyebaran TBC, Dinkes Depok lakukan skrining kesehatan terhadap ratusan warga binaan di Rutan Kelas I Depok.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News