Disnakertrans: 12 Warga Jabar Jadi Korban Perdagangan Manusia di Myanmar

Selasa, 09 Mei 2023 – 18:15 WIB
Disnakertrans: 12 Warga Jabar Jadi Korban Perdagangan Manusia di Myanmar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi garis polisi. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat mencatat ada 12 orang yang menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), di wilayahnya.

Belasan orang ini merupakan bagian dari 20 orang yang menjadi korban penipuan kerja dari perusahaan Thailand.

Kepala Disnakertrans Jabar Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, 12 warga Jabar itu telah dievakuasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan informasi dari KBRI dan Kemenlu, bahkan di tanggal 5 – 6 (Mei) kemarin itu KBRI sudaha berhasil membawa 20 orang (korban) ini ke Bangkok (Thailand), dan sekarang sudah ada di Bangkok,” katanya dikonfirmasi, Selasa (8/5).

Kata Taufik, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk tindak lanjut.

Meski demikian, Ia memastikan warga Jabar yang menjadi korban TPPO dipastikan dalam kondisi aman.

“Paling banyak (korban) di Jabar ada 12 (orang), tapi kami masih menunggu apa yang harus kami lakukan. Namun kami sudah siap dan kami juga akan siapkan untuk penjemputan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, 12 orang ini menjadi korban TPPO karena tergiur lowongan kerja online dengan iming-iming gaji yang tinggi oleh perusahaan asal Thailand itu. Namun dalam perjalanannya, mereka justru dibawa ke Myanmar.

Sebanyak 12 warga Jabar menjadi korban perdagangan manusia oleh oknum perusahaan asal Thailand.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News