6 Khasiat Jus Tomat yang Luar Biasa, Bantu Anda Terhindar Dari Serangan Penyakit Kronis Ini

Senin, 24 April 2023 – 08:30 WIB
6 Khasiat Jus Tomat yang Luar Biasa, Bantu Anda Terhindar Dari Serangan Penyakit Kronis Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jus tomat. Foto: (ANTARA/Shutterstock)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Tomat merupakan salah satu buah yang sering dianggap sebagai sayuran. Tomat merupakan makanan yang banyak disukai orang karena kaya nutrisi seperti folat, vitamin C, potasium.

Namun, yang benar-benar membuat tomat adalah banyaknya antioksidan seperti karotenoid di dalamnya, terutama likopen, yang diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan.

Tomat juga menawarkan banyak vitamin A. Tomat kaya akan komponen bermanfaat lainnya seperti vitamin E, flavonoid, pitosterol, dan beberapa vitamin yang larut dalam air lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tomat secara maksimal, tomat harus dimakan mentah atau dengan memasak minimal.

Jika tomat mentah bukan pilihan Anda, pilihan terbaik berikutnya adalah jus tomat. Dengan sejumput garam dan cabai rawit, jus tomat paling tidak enak. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Bebas Kanker

Kehadiran lycopene karotenoid sejauh ini merupakan nilai jual terbaik dari jus tomat.

Likopen adalah karotenoid non-provitamin A yang bertanggung jawab atas warna merah hingga merah muda yang terlihat pada tomat, jeruk bali merah muda, dan makanan lainnya.

Produk olahan tomat adalah sumber lycopene makanan utama di Amerika Serikat. Dikenal memiliki aktivitas antioksidan, hipolipidemik, dan antikarsinogenik, likopen adalah senyawa bioaktif utama yang terdapat dalam tomat dan produk sampingannya.

Enam manfaat jus tomat yang luar biasa, salah satunya bisa membuat Anda terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News