Budayawan Terheran-heran Kok Bisa Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram

Rabu, 16 Februari 2022 – 16:42 WIB
Budayawan Terheran-heran Kok Bisa Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram - JPNN.com Jabar
Budayawan sekaligus Dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia R. Cecep Eka Permana. Foto : Dokumen Pribadi

jabar.jpnn.com, DEPOK - Video Ustaz Khalid Basalamah, yang menyatakan wayang haram dalam isi ceramahnya menuai respons dari kalangan budayawan.

Salah satu budayawan yang juga Dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia R. Cecep Eka Permana mengaku heran, dengan ucapan Ustaz Khalid Basalamah yang menyatakan jika wayang haram.

Menurutnya wayang merupakan salah satu warisan budaya yang memiliki sejarah panjang bagi bangsa Indonesia.

Bahkan, para tokoh penyebar Agama Islam di zaman dahulu menggunakan sarana wayang untuk menyampaikan ajaran Islam.

"Kalau wayang haram kenapa tidak dari dahulu dan kenapa baru sekarang. Wayang juga kan sudah berkembang ribuan tahun di masyarakat, kenapa tiba-tiba sekarang baru diharamkan," katanya, pada Rabu (16/2).

Persoalan budaya merupakan salah satu hal yang cukup rumit. Sebab tidak semua orang bisa memahami tentang kebudayaan.

"Jangankan wayang, beberapa orang juga bisa mengartikan teknologi, seni dan bahasa sebagai budaya. Jadi makna budaya itu sangat luas dan jangan mempersempit makna budaya itu sendiri," ujarnya.

Cecep meminta kepada Ustaz Khalid Basalamah agar berhati-hati dalam berucap. Apalagi saat mengisi acara ceramah yang disaksikan banyak jemaah dan masyarakat.

Budayawan sekaligus Dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia R Cecep Eka Permana mengaku heran, Ustaz Khalid Basalamah sebut wayang haram
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News