Rp 150 Miliar Disiapkan Pemkab Bogor Untuk Penyelenggaraan Pilkada 2024

Kamis, 05 Januari 2023 – 19:05 WIB
Rp 150 Miliar Disiapkan Pemkab Bogor Untuk Penyelenggaraan Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan anggaran senilai Rp150 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kalau anggaran buat KPU pemilu legislatif (pileg), itu domainnya ada di (pemerintah) pusat. Tetapi kalau pilkada (pemilihan bupati), itu sudah disiapkan hampir Rp150 miliar. Kami siapkan secara bertahap," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Kamis (5/1).

Dia mengatakan bahwa DPRD dan Pemkab Bogor menetapkan persetujuan bersama tentang Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024 dalam Sidang Paripurna.

Menurutnya dalam persetujuan bersama itu, mengatur besaran dana cadangan pemilihan Bupati Bogor dan Wakil Bupati Bogor 2024, untuk dimasukkan ke APBD Kabupaten Bogor tahun 2022 dan 2023.

"Pada 2020 kami alokasikan Rp50 miliar dan 2023 dialokasikan Rp100 miliar," kata Iwan.

Dirinya menyebutkan penganggaran secara bertahap dilakukan karena berdasarkan Pasal 80 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, penyediaan dana cadangan tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran.

Iwan menjelaskan dana cadangan tersebut bersumber dari penyisihan atas penerimaan daerah, kecuali dari Dana Alokasi Khusus (DAK), pinjaman daerah dan penerimaan lain yang penggunaannya dibatasi.

"Karena DAK, pinjaman dan penerimaan lain, penggunaannya dibatasi untuk pengeluaran tertentu, untuk menunjang kelancaran pemilihan bupati dan wakil bupati 2024," kata Iwan. (antara/jpnn)

Pemkab Bogor menyiapkan anggaran Rp 150 Miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News