Pemkab Bekasi Keluarkan Surat Edaran Larangan ASN Terlibat Politik Praktis di Pilkada 2024

Selasa, 17 September 2024 – 19:30 WIB
Pemkab Bekasi Keluarkan Surat Edaran Larangan ASN Terlibat Politik Praktis di Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menerbitkan Surat Edaran Bupati Bekasi nomor KP.06.02/4881-BKPSDM yang mengatur larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terlibat dalam kegiatan politik pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

"Larangan pada surat edaran ini bukan hanya berlaku untuk ASN, tetapi juga bagi pegawai non-ASN yang bekerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Bekasi," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin, Selasa (17/9).

Dia mengatakan larangan pegawai terlibat kegiatan politik mengacu pada Surat Edaran MenPAN-RB Nomor 1 tahun 2023 tentang pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas pegawai pemerintah dan non pegawai negeri dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum serta Pilkada 2024.

Ia menjelaskan ada tiga poin utama yang perlu diperhatikan pada surat edaran dimaksud.

Pertama, tidak boleh ada tindakan dari ASN maupun pegawai non ASN yang merugikan atau menguntungkan salah satu pasangan calon.

Kemudian segenap pegawai baik ASN maupun non ASN harus mampu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas serta profesionalitas dalam hal menjaga netralitas aparatur mengingat tugas mereka selaku abdi masyarakat.

Terakhir ASN dan non ASN dilarang memasang spanduk, baliho, serta alat peraga lain, termasuk mengikuti kegiatan kampanye atau deklarasi pemenangan salah satu pasangan calon baik daring maupun luring.

"Bahkan dilarang memberikan dukungan berupa posting, komentar, menyukai dan mengikuti akun media sosial salah satu pasangan calon. Apalagi menjadi tim ahli, tim pemenangan, konsultan, atau sebutan lain," katanya.

Pemkab Bekasi menerbitkan Surat Edaran Bupati yang mengatur larangan bagi ASN untuk terlibat dalam kegiatan politik di Pilkada Serentak 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News