Dibandingkan Dengan Pilpres, Jumlah TPS di Kabupaten Bogor Berkurang Hingga 50 Persen di Pilkada 2024

Jumat, 06 September 2024 – 08:00 WIB
Dibandingkan Dengan Pilpres, Jumlah TPS di Kabupaten Bogor Berkurang Hingga 50 Persen di Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
Ketua KPU Kabupaten Bogor Muhammad Adi Kurnia di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor mengungkapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di daerah tersebut mengalami pengurangan hingga 50 persen pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia menjelaskan jumlah TPS pada pilkada yang digelar pada 27 November 2024 sebanyak 7.908 lokasi yang tersebar di 435 desa/kelurahan se-Kabupaten Bogor.

Jumlah tersebut, kata dia, hanya setengahnya jika dibandingkan dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari lalu, yakni mencapai 15.228 TPS.

Adi menyebutkan berkurang jumlah TPS tersebut disebabkan pada pilkada mendatang untuk masing-masing TPS akan melayani lebih banyak pemilih jika dibandingkan Pemilu lalu sesuai Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2024.

"Setiap satu TPS pada pemilihan kepala daerah tahun ini melayani 400 sampai 600 pemilih. Kalau pada Pemilu 2024 setiap TPS maksimal 300 pemilih," kata Adi.

Menurut dia, meskipun pada masing-masing TPS lebih banyak melayani pemilih pada Pilkada 2024, tetapi akan kecil kemungkinan terjadinya penumpukan pemilih karena pilkada saat ini, pemilih hanya mencoblos dua kertas suara, yakni pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta gubernur dan wakil gubernur.

Pada Pemilu 2024 lalu, kata dia, masyarakat pemilih mencoblos lima kertas suara yang terdiri dari pasangan calon presiden dan wakil presiden , DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, serta DPD RI.

"Bahkan pada saat Pilkada 2018 pun jumlah pemilih pada pilkada 500 sampai 800 pemilih dan tingkat kesulitan membuka surat suaranya pun lebih mudah karena tidak terlalu besar ukurannya," ujarnya. (antara/jpnn)

KPU Kabupaten Bogor mengungkapkan jumlah TPS di daerah tersebut mengalami pengurangan hingga 50 persen pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News