LBH BN Laporkan Komisioner KPU dan Bawaslu Garut ke Sentra Gakkumdu Jabar

Selasa, 26 Maret 2024 – 19:43 WIB
LBH BN Laporkan Komisioner KPU dan Bawaslu Garut ke Sentra Gakkumdu Jabar - JPNN.com Jabar
Lembaga Bantuan Hukum Brigade NKRI (LBH BN) melaporkan Ketua Bawaslu, Komisioner KPU, PPK, dan PPS Kabupaten Garut ke Sentra Gakkumdu Jabar. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Lembaga Bantuan Hukum Brigade NKRI (LBH BN) melaporkan Ketua Bawaslu, Komisioner KPU, PPK, dan PPS Kabupaten Garut ke Sentra Gakkumdu Jabar.

Mereka dilaporkan atas dugaan tindak pidana dan administrasi pemilu, yang dilakukan caleg DPR RI Dapil XI Jabar berinisial LL dan MHA.

Ketua Bawaslu Garut diduga melakukan kecurangan, dan jual beli suara kepada caleg DPR RI dari dua partai berbeda dengan inisial LL dan MHA itu. 

Ketua LBH BN, Ivan Rivanora mengatakan, kecurangan yang dilakukan Ketua Bawaslu Kabupaten Garut tersebut terjadi saat PPS dan KPPS sedang melakukan rekapitulasi surat suara yang tidak dijaga saksi pada malam hari di atas jam 10 malam. 

Adapun modusnya, lanjut Ivan, yang bersangkutan mengganti angka C1 hasil di setiap KPPS di hampir 42 kecamatan di Kabupaten Garut, khususnya Garut Selatan. 

“Kami menemukan beberapa dugaan pelanggaran pemilu seperti money politic, manipulasi data, dan penggelembungan suara yang terjadi di beberapa kecamatan (PPK dan Desa) di Kabupaten Garut,” ucap Ivan dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Selasa (26/3). 

Ivan menjelaskan, kedua terduga berinisial LL dan MHA diduga memerintahkan Ketua Bawaslu Kabupaten Garut untuk melakukan penggelembungan suara. 

“Diduga memerintahkan Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Garut memerintahkan PPK dan PPS untuk melakukan penggelembungan suara, jadi by request per kecamatan target 1000-2000,” tuturnya. 

Lembaga Bantuan Hukum Brigade NKRI (LBH BN) melaporkan Ketua Bawaslu, Komisioner KPU, PPK, dan PPS Kabupaten Garut ke Sentra Gakkumdu Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News