Ketua DPRD Kota Bogor Minta 451 TPS Rawan Bencana Dipindahkan

Minggu, 04 Februari 2024 – 18:30 WIB
Ketua DPRD Kota Bogor Minta 451 TPS Rawan Bencana Dipindahkan - JPNN.com Jabar
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Foto: Dok Humpropub DPRD Kota Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto meminta penyelenggara pemilu memindahkan 451 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di lokasi rawan bencana.

Permintaan itu disampaikan untuk mencegah terjadinya golput dari masyarakat di Pemilu 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang.

Menurut Atang Trisnanto, pemindahan TPS rawan bencana ke gedung sekolah atau gedung pemerintahan merupakan salah satu upaya mengantisipasi risiko golput akibat gangguan keamanan, kenyamanan dan keselamatan pemilih dan panitia saat penyelenggaraan Pemilu 2024.

Terlebih, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem guna menyukseskan perhelatan Pemilu 2024.

"Kami tidak ingin masyarakat golput karena tempatnya tidak nyaman, rawan, tidak mudah diakses dan panitia terancam keselamatannya karena lokasi TPS rawan bencana," kata Atang Trisnanto.

Ketua DPRD Kota Bogor menilai bahwa dengan pemetaan daerah rawan bencana dari BPBD dan prakiraan dari BMKG dapat menjadi acuan informasi yang sangat penting terutama di Kota Bogor, baik menggeser TPS ke tempat yang lebih aman atau bisa saja memanfaatkan gedung-gedung yang representatif.

Dari sisi keamanan, mitigasi musim hujan juga perlu ditekankan untuk memastikan tidak ada surat suara yang dikirim ataupun di simpan rusak terkena air hujan di ruang penyimpanan maupun saat perjalanan pengiriman.

Semua antisipasi lokasi TPS dan pengamanan surat suara dari cuaca ekstrem perlu segera dilakukan untuk menghadapi Pemilu 2024, sebab saat ini waktu pencoblosan sudah tinggal menghitung hari.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto meminta penyelenggara pemilu memindahkan 451 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di lokasi rawan bencana.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News